Sedekah Sirri Yuk…!

Kok sedekah sirri…? Gak salah neh…? Yang ada mah nikah sirri kalee… Ya maklum aja,  umumnya masyarakat sudah sangat akrab dengan istilah nikah sirri. Tapi saya gak bakal bahas itu, soalnya saya gak ada niat nikah sirri hehehe… Memang ada apa sih dengan sedekah sirri (diam-diam)? Uraian berikut ini mungkin akan memperjelas keutamaan sedekah sirri.

Sedekah sirri sangat membantu meningkatkan kadar keikhlasan dan lebih mendekatkan diri kepada Allah, seraya lebih mudah mudah menghindari riya maupun sum’ah. Namun demikian, bukan berarti sedekah secara terang-terangan dilarang.
Ketika keadaan menuntut untuk diterangkan agar memotivasi orang lain, maka hal itu tidak mengapa dilakukan. Mari kita cermati Firman Allah berikut ini:
“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS Al Baqoroh : 271) Begitu juga dengan Firman Allah ini:
“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati”. (QS Al Baqoroh : 274).
Di sisi yang lain, sedekah dengan cara sembunyi-sembunyi bertujuan menjaga harga diri si penerima. Sebab, betapa banyak mereka yang diberi, lalu merasa terhina atau tersinggung perasaannya jika dilihat orang lain. Dengan demikian, manfaat sedekah secara sembunyi-sembunyi dapat diperoleh, baik oleh si pemberi maupun penerima.
Karena mengetahui keutamaan sedekah secara sirri, sebagian muslimin enggan namanya dicantumkan dalam daftar penyumbang dalam sebuah program amaliah. Mereka mencukupkan dengan menulis HAMBA ALLAH dalam daftar donatur tersebut dan nilai nominal sedekah yang diberikannya.
Ternyata sedekah sirri juga mempunyai nilai lebih di sisi Allah digambarkan Rasulullah bahwa pelakunya akan memperoleh naungan istimewa dari Allah pada hari kiamat kelak. “Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya.” (HR Ahmad)
Sedekah sirri merupakan ujian tersendiri bagi yang hendak bersedekah; apakah ia memurnikan niatnya hanya untuk Allah atau masih ada niat yang lain, meski proporsinya kecil. Silahkan direnungkan saja.
Bila artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada teman, keluarga, kerabat, dan orang-orang terdekat yang Anda sayangi. “Barang siapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang melakukannya” (HR Muslim).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: