Cara Membangun Eksistensi Anda Di Internet

Pelanggan tidak bisa membeli dari toko Anda jika mereka tidak tahu bahwa toko Anda ada di internet karena ada jutaan situs di internet. Anda dapat membantu pembeli menemukan toko Anda dengan membangun dan mempertahankan eksistensi online Anda.

Jadi, bagaimana caranya agar pengusaha rumahan atau pemilik usaha kecil dapat menarik pengunjung situsnya tanpa menghabiskan banyak uang untuk SEO atau harus berada di depan komputer selama 24 jam setiap hari? Saran saya, jadilah sesuatu yang menarik, ada di mana-mana, menonjol, dan biarkan komputer Anda yang melakukan pekerjaan ini. Trik-trik berikut ini dapat dilakukan tanpa perlu memekerjakan seorang ahli media sosial atau menghabiskan lebih dari Rp 100.000,- per bulan.

Bagaimananya caranya agar selalu menarik perhatian?

Informasi yang up-to-date dapat menguasai internet. ESPN.com tidak akan memiliki banyak pengunjung jika skor-skor pertandingan ditampilkan sepekan sekali.

Kita hidup di dunia yang informasinya berjalan pada “kecepatan cahaya” dan orang-orang mendambakan untuk menjadi yang pertama kali tahu. Seorang lelaki (yang punya akun twitter @ReallyVirtual) iseng mengirim tweet tentang penggerebekan terhadap kompleks tempat tinggal Osama bin Laden, sekarang memiliki lebih dari 90.000 follower. Padahal sebelumnya, hanya 1.500 follower saja.

Jika Anda ingin bergabung dalam sebuah forum online dan berusaha memiliki eksistensi di sana, Anda harus memiliki sesuatu untuk dikatakan. Tidak seorang pun ingin berbicara lebih akrab dengan seseorang yang hanya promosi di “kandang”-nya sendiri atau yang hanya mengirimkan tweet sekali sehari berisi “baca artikel baru di blog saya“.

Untuk menemukan banyak konten baru yang masih segar, guna memperbarui profil media sosial Anda setiap harinya, cobalah gunakan Google Reader. Google terus-menerus mengeruk informasi baru dari situs. Setelah Anda mengeset dengan benar, Anda akan selalu memiliki akses ke berita terbaru dan terbesar yang berhubungan dengan bidang Anda.

Tips menggunakan Google Reader

Jika Anda baru pertama kali menggunakan Google Reader, mulailah dengan membuat beberapa folder berbeda yang sesuai dengan bisnis Anda. Anda dapat membuat folder untuk topik yang berbeda, misalnya: bisnis, pemasaran, teknologi, dan kepemimpinan. Anda juga dapat membuat folder untuk berbagai jenis media, seperti: gambar, video, dan podcast. Bahkan, Anda dapat membuat folder untuk memantau Google Alert, comment streams, Facebook, atau Twitter.

Kemudian Anda harus memasukkan feed RSS pada reader Anda. Hal ini memang memakan waktu, tetapi Anda hanya perlu melakukannya sekali untuk setiap feed. Tambahkan feed RSS dari blog favorit Anda, situs berita, saluran YouTube, halaman Facebook, profil Twitter, dan lain-lain untuk Google Reader Anda. Anda dapat melakukannya secara manual atau Anda bisa juga menambahkan Subscribe Button ke toolbar pada browser Anda (ini dapat menghemat banyak waktu). Saya juga menyarankan Anda membuat dua atau tiga Google Alerts yang dikirim ke Google Reader Anda. Google Alerts memberitahu Anda setiap kali Anda atau bisnis Anda disebutkan di internet, atau ketika artikel yang relevan dengan niche Anda diterbitkan.

Setelah Anda terbiasa membuka headline-headline pada Google Reader secara teratur, Anda akan dapat memproses ratusan artikel hanya dalam beberapa menit.

Cara agar Anda eksis di mana saja

David Everett-Carlson, teman saya dan penulis harian Wild Wild East, mengajarkan saya pentingnya sindikasi. Mengapa hanya aktif dalam satu jaringan jika Anda dapat memperbarui status Anda di lima belas jaringan secara bersamaan?

Katakanlah Anda menemukan link bagus lalu membuat status “20 cara gerilya pemasaran http://manag.rs/coolmktg dari execupundit.com, bagus banget …”. Status ini diikuti dengan status Anda yang lain yang mencantumkan link artikel terbaru blog Anda tentang tips pemasaran, misalnya.

Bagaimana Anda bisa berbagi dua pesan tadi ke lima belas jaringan yang berbeda sekaligus (dan menjadwal mereka untuk dikirim pada waktu tertentu)? Cobalah layanan HootSuite. Saya lebih suka HootSuite karena memberikan saya kemampuan untuk menjadwalkan pesan dalam jumlah besar untuk beberapa waktu ke depan. Ketika saya posting pesan ke HootSuite, secara teori, pesan tersebut akan dikirimkan ke Facebook, Twitter, Linkedln, dan Ping.fm. Lalu Ping.fm bisa mengirimkannya ke WordPress, Tumblr, Blogger, Delicious, identi.ca, Google Buzz, dan banyak lagi.

Setelah Anda mengatur itu semua, Anda dapat menyiarkan status Anda ke banyak orang yang berbeda dalam sekejap mata.

Tips dalam menggunakan sindikasi

Cobalah untuk tidak mengirimkan status yang sama untuk 15 jaringan yang berbeda pada waktu yang sama. Seseorang tentu menjadi enggan mem-follow Anda di Twitter jika status Facebook dan status Twitter Anda toh juga sama. Variasikanlah sedikit …. Anda harus memiliki kategori terpisah untuk update status –yang hanya sebatas 140 karakter– dengan posting blog mikro –yang biasanya berupa deskripsi singkat dari temuan Anda atau pendapat Anda–. Atau, Anda juga bisa mengategorikan per jaringan.

Sebagai contoh, status Linkedln saya cenderung lebih konservatif dibandingkan status Facebook saya. Anda dapat membagi jaringan Ping.fm Anda ke dalam grup posting yang berbeda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pesan Anda atau membaginya untuk dirilis pada hari yang berbeda pada waktu yang berbeda.

Untuk pengguna tingkat lanjut: http://ifttt.com (saat ini dalam versi beta, gratis, tetapi butuh invitation) memungkinkan Anda untuk membuat if/then triggers. Misalnya, setiap kali artikel baru diposting ke blog WordPress Anda, surat elektronik (e-mail) yang berisi artikel tersebut akan dikirim ke Posterous atau Amplify. Anda juga dapat mengunduh (download) sebuah plugin WordPress yang bernama “autopost” untuk mengirim artikel Anda ke jaringan seperti StumbleUpon dan Digg.

Singkat kata, ada cara untuk melakukan autopost dari HootSuite ke hampir semua jaringan sosial yang pernah Anda pikirkan.

Pemendek URL milik sendiri

Jaringan sosial seperti Twitter hanya memungkinkan pengguna untuk mengirim 140 karakter, sehingga semakin pendek tautan (link), semakin baik. Tautan lebih pendek juga berguna dalam jaringan sosial lain karena mereka akan menampilkan beberapa baris kata. Layanan link-shorteners dapat mengubah tautan panjang menjadi yang pendek. Beberapa link-shorteners yang populer adalah bit.ly, goo.gl, tiny.cc, dan ow.ly.

Setiap kali Anda memendekkan tautan dengan, misalnya menggunakan layanan goo.gl, maka tautan Anda akan terlihat seperti ini: http://goo.gl/bzSPM (ini tautan situs saya)

Ketika New York Times memosting tautan mereka ke Twitter, tautannya akan diawali dengan http://nyti.ms. Terlihat lebih profesional bukan? Jadi, tampak sekali bahwa New York Times adalah sebuah merek yang paten. Kalau Anda menjual sepatu, sepertinya bagus kalau tautan Anda yang dipendekkan dimulai dengan http://sho.es. Anda dapat membuat tautan pendek sesuai selera Anda sendiri dengan layanan bit.ly pro di http://bitly.com/pro.

Layanan bit.ly itu gratis, namun Anda harus membeli domain baru. Untuk membantu Anda mencari domain yang cocok untuk perpendekan tautan Anda, coba buka http://domai.nr lalu tulislah nama produk atau nama merek dari bisnis Anda. Setelah ketemu yang cocok, langsung saja dibeli.

Tetap online ketika Anda sedang tidak online

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya menggunakan HootSuite karena memungkinkan saya untuk menjadwalkan update status saya dalam jumlah besar dan memiliki banyak fitur. Ini sangat membuat saya nyaman. Saya bisa duduk di perahu dayung di danau terdekat sementara akun Twitter, Tumblr, dan blog saya melakukan publikasi. Bahkan, jika ingin lebih nyaman lagi, Anda dapat menjadwalkan pesan dalam jumlah lebih besar melalui spreadsheet MS Excel. HootSuite menawarkan pilihan untuk menggunakan penjadwalan secara massal dengan harga $ 5,99 per bulan.

Anda juga dapat menggunakan HootSuite untuk mengirim pesan secara berulang. Sebenarnya, Anda tidak diperbolehkan menjadwalkan pesan yang sama terus-menerus, tetapi Anda dapat menambahkan hash-tag atau sedikit mengubah kata-kata untuk membuat statusnya tampak selalu berbeda.

Biarkan jejaring sosial yang bekerja untuk Anda

Menggunakan media sosial itu seharusnya menyenangkan. Daripada merasa tertekan memikirkan cara supaya bisnis Anda tersosialisasi, lebih baik Anda gunakan sebagian besar waktu online Anda untuk memulai percakapan ramah, memberikan komentar, atau berinteraksi dengan teman online. Media sosial seharusnya tidak membuat stres dan tidak harus mengambil banyak waktu Anda.

Bila Anda sudah memiliki sistem yang teratur dan Anda terbiasa rutin memeriksa Google Reader serta menjadwal pesan melalui HootSuite, Anda dapat mempertahankan kualitas eksistensi online Anda. Tanpa perlu mempekerjakan seseorang dan dengan menginvestasikan sedikit waktu saja setiap pekan.

Profil media sosial akan tampak menarik dan selalu menawarkan konten baru yang menarik setiap jamnya (atau sesering yang Anda inginkan).

Jika Anda dapat menguasai cara yang tepat dalam memadukan informasi, info-info pemasaran, dan hiburan, Anda akan menjaring follower setia dan terikat kuat. Setelah itu, terserah pada Anda bagaimana mengubah eksistensi Anda di internet, menjadi rupiah. Selamat mencoba.

Satu Tanggapan to “Cara Membangun Eksistensi Anda Di Internet”

  1. dewi Says:

    Hootsuite itu media sosial berbayar yaa?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: